Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak mendapat pengakuan keberadaannya dengan diterbitkan izin operasional melalui Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 195 Tahun 2020 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Sarjana Tadris Bahasa Inggris pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Berdirinya Program Studi Tadris Bahasa Inggris diharapkan akan memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat, institusi, bangsa dan negara. Sebelumnya telah ada pemikiran ke arah pendirian Program Studi Tadris Bahasa Inggris di IAIN Pontianak. Hal yang menjadi dasar pemikiran tersebut adalah alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yaitu mensyaratkan minimal keberadaan 11 program studi.
Hal ini memotivasi civitas akademika IAIN Pontianak untuk melaksanakan pengembangan program studi di lingkungan IAIN Pontianak. Di samping itu, hasil studi kelayakan memperkuat dan meluruskan keinginan untuk mendirikan Program Studi Tadris Bahasa Inggris. Studi kelayakan terkait daya dukung sumber daya manusia menunjukan bahwa IAIN Pontianak memiliki delapan orang pengampu bidang ilmu Bahasa Inggris dengan klasifikasi satu orang berpendidikan doktor dan tujuh orang berpendidikan magister. Poin ini memenuhi salah satu persyaratan dari pengajuan pendirian sebuah program studi. Sebagai kelanjutannya maka dilakukan upaya pembentukan tim persiapan pendirian Program Studi Tadris Bahasa Inggris. Upaya ini dilandaskan dengan penerbitan surat keputusan yang memberikan kekuatan pada tim persiapan pembentukan Program Studi Bahasa Inggris untuk melakukan kegiatan terkait hal tersebut. Rangkaian kegiatan persiapan pembentukan program studi ini antara lain adalah pelaksanaan analisis kebutuhan yang mengambil bentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan para dosen pengampu mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan IAIN Pontianak. Pada kegiatan ini dibahas kelengkapan untuk pendirian program studi Tadris Bahasa Inggris. Selain itu, dilaksanakan juga studi dokumen terhadap kurikulum di tingkat Madrasah Tsanawiyah dan sederajat serta Madrasah Aliyah dan sederajat. Studi dokumen juga dilaksanakan pada profil IAIN Pontianak untuk mendapatkan gambaran tentang visi, misi, tujuan, dan sarana-prasarana pendukung pembelajaran di lembaga ini.
Menjadi Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris Yang Unggul, Terkemuka Dan Terbuka pada tahun 2026 Dalam KajianKeagamaan dan kebudayaan Borneo yang terintegrasi dengan Keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris.
- Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran menghasilkan mencetak tenaga pengajar yang profesional dalam keilmuan bidang pendidikan Bahasa Inggris dengan tidak meninggalkan pengetahuan dan etika keislaman dan kebudayaan Borneo.
- Menyelengarakan kegiatan penelitian untuk meningkatkan keilmuan pendidikan dan bahasa yang berbasis keIslaman dan Budaya Borneo.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan mutu pendidikan Bahasa Inggris yang berbasis pada keislaman dan budaya Borneo disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat.
- Memenuhi kebutuhan tenaga guru professional bidang studi Bahasa Inggris pada lembaga pendidikan jenjang MTs/SMP sederajat dan MA/MAK/SMA/SMK sederajat di Kalimantan Barat khususnya ataupun Indonesia pada umumnya serta membentuk calon guru pada jenjang MTs/SMP sederajat dan MA/MAK/SMA sederajat yang berakhlak mulia, mandiri dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusian.
- Memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan tinggi terutama pendidikan tinggi keIslaman yang terintegrasi dengan pendidikan Bahasa Inggris.
- Memicu kajian dan riset baru yang diasimilasikan dengan kajian keislaman dalam bidang pedidikan Bahasa Inggris
- Mempersiapkan persaingan masyarakat global khususnya di Kalimantan Barat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) khususnya dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.
No. | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Profil Utama Pendidik | Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional dibidang pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan berakhlak Islami sebagai pendidik pada MTs/SMP sederajat dan MA/SMA/MA/MAK sederajat yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan terbaharukan di bidangnya, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
2 | Profil Tambahan sebagai Peneliti | Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan berakhlak Islami sebagai asisten peneliti pada Madrasah Tsanawiyah/sederajat dan Madrasah Aliah/sederajat yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan terbaharukan dibidangnya, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
3 | Profil Tambahan sebagai Pengembang Bahan Ajar | Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan berakhlak Islami sebagai pengembang bahan ajar pada jenjang MTs/SMP sederajat dan MA/MAK/SMA sederajat yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan terbaharukan dibidangnya, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
4 | Profil Tambahan sebagai Edupreneur Keunikan Prodi | Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan berakhlak Islami sebagai edupreneur yang berkepribadian kreatif dan inovatif, berpengetahuan luas dan terbaharukan dibidangnya, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
5 | Profil Tambahan sebagai Penerjemah | Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan berakhlak Islami sebagai penerjemah yang berkepribadian, berpengetahuan luas dan terbaharukan di bidangnya, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
NO | NAMA / NIP | BIDANG KEAHLIAN | SERTIFIKASI |
1 | Dr. Istiqomah, M.A. NIP. 197107031995032003 | Pendidikan Bahasa Inggris | Bahasa Inggris |
2 | Segu, S.Pd., M.A. NIP. 197312101999031008 | Bahasa Inggris | Bahasa Inggris |
3 | Sulaiman, M.Pd. NIP. 198709132018011001 | Pendidikan Bahasa Inggris | Bahasa Inggris |
4 | Nanik Shobikah, M.Pd. NIP. 198402172019082001 | Bahasa Inggris | – |
5 | Vibry Andina Nurhidayah, S.Pd, M.Hum. NIP. – | Linguistik Konsentrasi Penerjemah | – |
6 | Nurmy A.R, S.S., M.Pd. NIP. 198411302014032001 | Bahasa Inggris | Bahasa Inggris |
7 | Nur Rahmiani, M.Pd. NIP. 198902152019032006 | Bahasa Inggris | – |
8 | Nindya Juwita Utimadini, M.A. NIP. 199207142020122006 | Bahasa Inggris | – |
9 | Fitri Susanti, M.A. NIP. 198701212020122007 | Bahasa Inggris | – |
10 | Sa’dulloh Muzammil, M.Pd. NIP. 198310302014031001 | Pendidikan Bahasa Inggris | Ilmu Reading |
11 | Militansina, M.Pd. NIP. – | Pendidikan Bahasa Inggris | – |
12 | Oki Anggara, M.Si. NIP. 199510052020121007 | Kajian Ketahanan Nasional | – |
13 | Septian Utut Sugiatno, M.Pd. NIP. – | Pendidikan Bahasa Indonesia | – |
Mahasiswa Prodi TBI melaksanakan kegiatan pembelajaran di Gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri atau Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Kampus IAIN Pontianak dengan berbagai fasilitas penunjang sebagai berikut:
No. | Angkatan | Jumlah Mahasiswa |
1 | 2020 | 46 Orang |
2 | 2021 | 59 Orang |
3 | 2022 | 37 Orang |