Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah penggerak, Lokakarya Program Sekolah Penggerak 2022 diselenggarakan dengan kehadiran Ketua Tim Sulaiman, M.Pd, dan dosen anggota PKM Nurmala Simbolon, Ph.D. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pembahasan strategi untuk meningkatkan efektivitas program Sekolah Penggerak.
Ketua Tim Sulaiman, M.Pd, membuka lokakarya dengan menggarisbawahi pentingnya peran sekolah sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan. “Sekolah Penggerak bukan hanya sekadar gelar, melainkan komitmen kita untuk menciptakan lingkungan belajar yang berdaya saing dan inovatif,” katanya.
Dosen anggota PKM Nurmala Simbolon, Ph.D., menyajikan pemahaman mendalam tentang tantangan dan peluang dalam implementasi Program Sekolah Penggerak. Beliau menyoroti strategi penerapan kurikulum yang kontekstual, pengembangan sumber daya manusia, dan efektivitas manajemen sekolah.
Peserta lokakarya, terdiri dari kepala sekolah, guru, dan stakeholder pendidikan, aktif berpartisipasi dalam sesi diskusi kelompok. Mereka berbagi pengalaman, tantangan, dan ide-ide kreatif untuk meningkatkan kinerja sekolah-sekolah penggerak.
”Melalui Lokakarya Program Sekolah Penggerak, kita dapat saling menginspirasi dan membangun sinergi untuk mencapai visi bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah,” ungkap Ketua Tim Sulaiman.
Harapannya, hasil lokakarya ini dapat diimplementasikan secara konkret di sekolah-sekolah penggerak, menciptakan perubahan positif yang signifikan dalam kualitas pendidikan dan perkembangan siswa.